Tuesday 11 March 2014

PANTAI TAMBAN

Pantai Tamban merupakan pantai yang terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjingwetan Kabupaten Malang. Di Pantai inilah sebagai pilihan long weekendku bersama rekan-rekan kerja, maklumlah setelah lama rutinitas kerja dan bertepatan tanggal merah dihari jum'at, langsung saja kita berangkat setelah sholat jum'at. Kepanjen jam menunjukan Pukul 14.00 wib sebagai start awal kami mulai perjalanan ini dengan beriring-iringan menyusuri medan aspal lurus berkelok menanjak menurun yang menjadi hiburan sepanjang perjalanan, tetapi jangan terlena dengan jalanan yang cukup mulus ini karena sebagian jalan bergelombang walau nampak mulus dari kejauhan, jadi safety riding tetap kita jaga.
          Tidak terasa sampai juga di lokasi sekitar Pukul 16.00 wib dan karcis masuk sudah di tangan, jadi langsung saja gas motor ini ku plintir masuk lokasi pantai yang berjarak 100 meter dari pos jaga.

Pos Pantau Pantai Tamban.

Rasa lelah terobati setelah menginjakan kaki dipasir pantai, melihat deburan ombak dan aktifitas nelayan disore hari. Nelayan?... ya,di pantai ini memang didiami nelayan dan tempat sandar perahu mereka, tak lama kemudian kami disambut teman kami warga sekitar yang sebelumnya sudah janjian,hhhe....
Suasana pantai dengan perahu nelayan disore hari.

Sore kian menjelang tetapi matahari belum mau terlalu cepat tenggelam, yang seperti ingin menunjukan elok sinarnya di atas Pantai Tamban ini. Jalan-jalan di pinggir pantai jadi pilihanku untuk menikmati indahnya pantai ini dengan ombak yang cukup besar untuk menggoyangkan kapal nelayan tradisional yang lagi bersandar, ketika nikmatnya mata ini melihat lautan lepas Samudra Hindia dari pinggir pantai, Eh...! ada yang memanggil, Tau itu siapa?... Ternyata anak-anak pantai setempat mengajak bermain bola, cukup jago juga anak-anak pantai tamban dalam menggocek bola,hhhe....! fair play juga tentunya.
Pantai yang landai sangat cocok untuk bermain bola.

Setelah cukup puas bermain bola akhirnya aku istirahat sambil melihat mereka main bola, tapi ada yang menarik perhatianku saat aku melihat joran yang disambitkan pemancing di sisi timur pantai ini, tanpa banyak pikir langsung saja aku samperin dan bertanya dengan bapak maniac mancing ini yang jauh-jauh dari Kecamatan Singosari sisi utara Kabupaten Malang.
Hasil mancing di muara dan Bakau di muara.

Maghrib sudah mulai menjelang dan air pasang sudah mulai meninggi jadi tanda kita untuk pulang ke rumah teman kami, sampai disana waktunya makan, hhhe...! maklum perut ini sudah mulai kosong karena aktifitas sore ini.
Suasana sore hari.

Malam sudah mulai datang acara minum kopi,ngobrol dan bermain kartu jadi pilihan kami untuk menghabiskan malam yang ditemani membakar ikan yang kami beli pada nelayan sekitar, hingga tak terasa waktu sudah dini hari dan jam di HP ini menunjukan pukul 02.00 wib dan mata terasa lelah jadi langsung berangkat tidur di tempat yang sudah disediakan teman kami, atau jika kamu datang ke pantai Tamban dan mau menginap di pantai ini bisa juga menyewa penginapan yang disediakan warga sekitar atau yang biasa camping bisa mendirikan tenda di tepi pantai, tapi perlu diingat usahakan agak menjauh dari pasir pantai karena air pasang di pantai ini cukup tinggi juga pantai ini tergolong landai, bagian sisi barat pantai ini merupakan tempat yang cocok untuk dijadikan lokasi mendirikan tenda dan ombak sudah kecil ketika datang di bibir pantai karena sudah dilindungi Pulau Sempu. Pulau Sempu?... ya,memang Pulau Sempu sangat dekat dari pantai ini tepatnya Pantai Tamban terletak di sisi timur laut Pulau Sempu dan di sisi timur Pantai Sendang Biru. Dari pantai ini kita bisa menyewa perahu nelayan sekitar untuk mengantar jemput kita ke Pulau Sempu.
Tempat bermalam

Pagi sudah menjelang mentari sudah mulai tinggi dan semangat semakin bertambah karena ingin melihat ke elokan pantai ini dan juga kegiatan nelayan setempat dipagi hari.
Pagi di sisi timur pantai

Kegiatan mencari ikan di tepi pantai dipagi hari:

Semangat Pagi

Tempat perbaikan dan pengecatan perahu nelayan:

Bagi yang hobi memancing dan bila ingin melanjutkan perjalanan ke Pulau Sempu:

Sisi barat Pantai Tamban:

Dimana pun kita berada selalu ingat "Jagalah Kebersihan", hhhe....

Perahu nelayan diantara bibir Pantai Tamban dan Pulau Sempu

Begitu indah dan tenangnya pantai ini, maksud hati ingin berlama-lama menikmati "Pantai Tamban" dan sekitarnya, tapi karena ada acara lain yang menunggu di rumah jadilah kita harus berpamitan pada "Pantai Tamban",dan teman kami warga sekitar pantai tamban, dan juga anda semua yang bersedia melihat tulisan ini.
terima kasih banyak atas perhatianya!...
           Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat anda semua,.... Samai jumpa lagi,...!
dan salam "WONDERFUL MALANG RAYA"