Wednesday 11 April 2012

CANDI JAGO / CANDI JAJAGHU

CANDI JAGO / CANDI JAJAGHU

        Kita awali langkah kita di sisi timur Kab. Malang, saat ini kita sampai di Kec. Tumpang tepatnya di desa tumpang, melihat foto diatas anda akan mencoba mencari tahu bangunan apa itu, Tepat jika anda menjawabnya Candi Jago atau Candi Jajaghu. mungkin saya bisa berbagi cerita kepada anda semua tentang sepenggal cerita yang ada pada candi ini.
         Ini adalah sebagian cerita relief yang ada di Candi Jago,

ARJUNA BERTAPA DI CANDI JAGO

           Isinya perjuangan Arjuna mendapatkan senjata sakti Pasopati, saat bertapa, Baju serba putih yang dikenakan menyimbulkan kesucian Arjuna menjalani pertapaan. Arjuna digoda bidadari, namun, Arjuna tetap bertahan, demikian juga saat menghadapi godaaan Dewa Indra dan Shiwa.
           Godaan Indra dengan cara mengganggu konsentrasiArjuna tetapi tidak menuai hasil, berkali-kali Arjuna diajak berkomunikasi, tapi tak di indahkan.
Akhirnya, Dewa Shiwa yang menjadi batara guru turun tangan. Shiwa menurunkan babi hutan untuk merusak lingkungan sekitar Arjuna bertapa.
            Saat babi hutan berulah, bersama itu tapa Arjuna rampung. Adik Yudhistira itu geram melihat kerusakan lingkungan sehingga memanah babi tersebut. Dalam waktu bersamaan, Dewa Shiwa juga memanah babi hutan tersebut, kedua anak panah dari keduanya masing-masing dari Arjuna dan Shiwa mengenai titik sasaran yang sama. "Karena sudah teruji, diberilah Dia senjata sakti" (r_m/10/04/12.r).

Itulah cerita saat pertunjukan seni gerak Arjuna wiwaha dalam launching Visit Candi Jago yang digelar tanggal 9 April 2012.

0 comments:

Post a Comment